Sukhoi PAK-FA adalah sebuah pesawat jet
tempur generasi kelima yang dikembangkan oleh Sukhoi OKB untuk Angkatan
Udara Rusia. Prototipe saat ini Sukhoi T-50 PAK FA, ketika berkembang
penuh, Dimaksudkan untuk menggantikan MiG-29 Fulcrum dan Su-27 Flanker
di persediaan Rusia dan melayani sebagai dasar dari proyek / Sukhoi HAL
FGFA sedang dikembangkandengan India. Sebuah pesawat tempur generasi
kelima jet, ia dirancang untuk secara langsung bersaing dengan F-22
Lockheed Martin’s Raptor dan F-35 Lightning II.T-50 melakukan
penerbangan pertama 29 Januari 2010. penerbangan keduanya adalah pada
tanggal 6 dan ketiga pada 12 Februari. Pada tanggal 31 Agustus2010, itu
membuat 17 penerbangan dan pada pertengahan November 40 secara
total.Prototipe kedua adalah untuk memulai uji penerbangan pada akhir
tahun 2010, namun ini telah ditunda sampai 2011.
Sukhoi Mikhail direktur Pogosyan telah
memproyeksikan pasar untuk 1.000 pesawat selama empat dekade berikutnya,
yang akan diproduksi dalam kerjasama dengan India, dua ratus
masing-masing untuk Rusia dan India dan enam ratus bagi negara-negara
lain. Ia juga mengatakan bahwa kontribusi India akan berada dalam bentuk
kerja bersama di bawah perjanjian saat ini bukan sebagai perusahaan
patungan Angkatan Udara India akan “mendapatkan 50 pejuang
tunggal-seater dari versi Rusia”sebelum kursi dua FGFA dikembangkan..
Departemen Pertahanan Rusia akan membeli pesawat sepuluh pertama setelah
2012 dan kemudian 60 setelah 2016. angkatan pertama pejuang akan
dikirimkan tanpa mesin “generasi kelima” Ruslan Pukhov,. direktur dari
Pusat Analisis Strategi dan Teknologi, telah memproyeksikan bahwa
Vietnam akan menjadi pelanggan ekspor kedua untuk pesawat tempur PAK-FA
diharapkan memiliki masa kerja sekitar 30-35 tahun.
Pada akhir 1980-an, Uni Soviet diuraikan
kebutuhan untuk pesawat generasi selanjutnya untuk menggantikan nya
MiG-29 dan Su-27 di layanan di garis depan. Dua proyek yang diusulkan
untuk memenuhi kebutuhan ini, Sukhoi Su-47 dan Proyek Mikoyan 1,44. Pada
tahun 2002, Sukhoi dipilih untuk memimpin desain untuk pesawat tempur
baru, dan pada musim panas tahun 2009 desain telah disetujui PAK FA akan
menggabungkan teknologi baik dari Su-47 dan MiG 1,44.
Para Tekhnokompleks Ilmiah dan Produksi
Pusat, Ramenskoye Instrumen Desain Bangunan Biro, para Tikhomirov Ilmiah
Lembaga Penelitian Instrumen Desain, Optical Ural dan Mekanik Tanaman
(Yekaterinburg), perusahaan Polet (Nizhniy Novgorod) dan Pusat Riset
Ilmiah Teknik Radio Institute (Moscow) adalah pemenang diucapkan dalam
kompetisi yang diadakan pada awal 2003 untuk pengembangan suite avionik
untuk pesawat generasi kelima. NPO Saturn telah ditentukan pelaksana
memimpin untuk bekerja pada mesin untuk pesawat ini.The Novosibirsk
Chkalov Asosiasi Penerbangan Produksi (NAPO Chkalov) telah dimulai
pembangunan pesawat tempur multirole generasi kelima. Karya ini sedang
dilakukan di Komsomol’sk-on-Amur bersama-sama dengan Komsomolsk-on-Amur
Produksi Pesawat Dasar; direktur umum perusahaan itu, Fedor Zhdanov
melaporkan saat berkunjung ke NAPO oleh Novosibirsk Oblast’s gubernur
Viktor Tolokonskiy pada tanggal 6 Maret 2007. “Perakitan final akan
berlangsung di Komsomol’sk-on-Amur, dan kami akan melakukan perakitan
dari tubuh kedepan pesawat ini,” ditentukan Zhdanov.
Pada tanggal 8 Agustus 2007, Panglima
Angkatan Udara Rusia Alexander Zelin yang dikutip oleh kantor berita
Rusia bahwa tahap pengembangan program PAK FA kini lengkap dan
pembangunan pesawat pertama untuk pengujian penerbangan akan segera
dimulai. [28] Alexander Zelin juga mengatakan bahwa pada tahun 2009 akan
ada tiga generasi kelima pesawat siap. “Semua mereka saat ini sedang
menjalani tes dan lebih atau kurang siap”, katanya.
Pada tanggal 11 September 2010, Standard Business India melaporkan bahwa negosiator India dan Rusia telah sepakat pada kontrak desain awal yang kemudian akan tunduk pada persetujuan Kabinet. Kesepakatan kerjasama pengembangan akan masing-masing negara menginvestasikan dana sebesar $ 6 milyar dan mengambil 8 sampai 10 tahun untuk mengembangkan pesawat tempur Perjanjian pada desain pra-tempur ini. Dijadwalkan akan ditandatangani pada bulan Desember 2010. rancangan awal akan biaya $ 295.000.000 dan akan selesai dalam waktu 18 bulan.
Pada tanggal 11 September 2010, Standard Business India melaporkan bahwa negosiator India dan Rusia telah sepakat pada kontrak desain awal yang kemudian akan tunduk pada persetujuan Kabinet. Kesepakatan kerjasama pengembangan akan masing-masing negara menginvestasikan dana sebesar $ 6 milyar dan mengambil 8 sampai 10 tahun untuk mengembangkan pesawat tempur Perjanjian pada desain pra-tempur ini. Dijadwalkan akan ditandatangani pada bulan Desember 2010. rancangan awal akan biaya $ 295.000.000 dan akan selesai dalam waktu 18 bulan.
Meskipun sebagian besar informasi
tentang PAK FA diklasifikasikan, diyakini dari wawancara dengan
orang-orang di Angkatan Udara Rusia dan Departemen Pertahanan yang akan
stealth, memiliki kemampuan untuk supercruise, harus dilengkapi dengan
generasi berikutnya udara ke-udara, udara-ke-permukaan, dan rudal
udara-ke-kapal, menggabungkan fix-mount radar AESA dengan 1.500-elemen
array dan memiliki “kecerdasan buatan”.
PAK FA pada landasan pacu.
Menurut Sukhoi, radar baru akan mengurangi beban pilot dan pesawat akan memilikilink data baru untuk berbagi informasi antara pesawat. Komposit digunakan secara luas di T-50 dan terdiri dari 25% dari berat dan hampir70% dari permukaan luar Diperkirakan bahwa paduan titanium isi pesawat adalah75%.. Sukhoi kepedulian untuk meminimalkan radar cross-section (RCS) dan tarik jugaditunjukkan dengan pemberian dua tandem senjata teluk utama di tengah pesawat,antara nacelles mesin. Setiap diperkirakan antara 4.9-5.1m panjang. Teluk utamaditambah dengan bay melotot, segitiga-bagian di akar sayap. The Komsomolets Moskovsky melaporkan bahwa T-50 telah dirancang untuk menjadi lebih bermanuver dari F-22 Raptor dengan resiko berkurangnya tingkat stealth dari F-22.
Menurut Sukhoi, radar baru akan mengurangi beban pilot dan pesawat akan memilikilink data baru untuk berbagi informasi antara pesawat. Komposit digunakan secara luas di T-50 dan terdiri dari 25% dari berat dan hampir70% dari permukaan luar Diperkirakan bahwa paduan titanium isi pesawat adalah75%.. Sukhoi kepedulian untuk meminimalkan radar cross-section (RCS) dan tarik jugaditunjukkan dengan pemberian dua tandem senjata teluk utama di tengah pesawat,antara nacelles mesin. Setiap diperkirakan antara 4.9-5.1m panjang. Teluk utamaditambah dengan bay melotot, segitiga-bagian di akar sayap. The Komsomolets Moskovsky melaporkan bahwa T-50 telah dirancang untuk menjadi lebih bermanuver dari F-22 Raptor dengan resiko berkurangnya tingkat stealth dari F-22.
0 komentar:
Posting Komentar