Minggu, 15 Juli 2012

Jabiru Pukau Pengunjung Jakarta Fair

Posted by Tyo on 01.24



 
 
http://4.bp.blogspot.com/-NUJvfAYNO30/TwqDzBQjc5I/AAAAAAAAEQc/9i-wLY8B8QA/s1600/jabiru3.jpg
 
 
 
PESAWAT Jabiru J430 hasil rakitan siswa SMKN 29 Penerbangan Jakarta dipamerkan di PRJ 2012. Tak ayal, pesawat yang memiliki kapasitas tempat duduk empat orang ini dapat mencapai ketinggian 8 ribu kaki ini mendapat perhatian khusus dari para pengunjung.

Tanpa lelah mereka menjawab rasa penasaran para penjung yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai pesawat asal Australia itu. "Pada tes pertama mencapai 4 ribu kaki, sementara pada test kedua berhasil mencapai 8 ribu kaki," ujar Maruli, seorang guru SMKN 29 Penerbangan Jakarta ketika ditemui saat pameran berlangsung di Arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Melihat antusias warga yang melihat, dia berharap pesawat ini bisa diproduksi masal. "Harapannya semoga pesawat ini nantinya dapat diproduksi masal, bukan hanya untuk pameran," ungkapnya.

Meski bahan-bahan produksi dari Jabiru berasal dari Australia namun seluruh proses perakitan murni dikerjakan oleh siswa dengan pendampingan tenaga ahli dari Federasi Aero Sport Indonesia, TNI AU, dan maskapai penerbangan. "Kami semua yang mengerjakan gabungan dari siswa kelas 10, 11 dan 12 yang totalnya berjumlah 300 orang," kata Budi Rahmat Setiawan, siswa kelas XI.

SMKN 29 berhasil menerbangkan pesawat itu di lapangan terbang Pondok Cabe pada 12 April 2012.  Pesawat Jabiru J430 dapat terbang jelajah Jakarta-Pekanbaru yang berjarak sekitar 950 kilometer dengan kecepatan 120 mph dalam satu kali isi bahan bakar

0 komentar:

Posting Komentar

style type='text/css'> HTML,BODY{cursor: url("http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/sweden.gif"), auto;}
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site